Update Informasi Terkini

Cara Mengetahui Orang yang Melaporkan Kita di Facebook 

Akun facebook atau postingan tiba-tiba dihapus oleh facebook padahal tidak melanggar kebijakan tertentu? bisa jadi karna ada orang yang melaporkan kita di facebook. Lantas adakah cara untuk mengetahui siapa yang melaporkan kita? Simak ulasan pada artike dibawah ini.

Sebagai media sosial, facebook memiliki aturan dan kebijakan tertentu yang harus diikuti oleh seluruh penggunanya. Apabila aturan tersebut dilanggar maka facebook akan menerapkan sangsi sesuai dengan standar komunitas facebook. Baca secara lengkap mengenai standar komunitas facebook.

Salah satu ketentuan layanan yang diberikan oleh facebook adalah melaporkan penyalahgunaan.

Seperti yang dilangsir dari halaman facebook.

Jika suatu hal dilaporkan ke Facebook, kami akan meninjaunya dan menghapus apa pun yang melanggar Standar Komunitas Facebook. Jika Anda melaporkan pesan, pesan yang dilaporkan itu bisa membantu kami meningkatkan sistem untuk meninjau konten yang dilaporkan lainnya yang mungkin melanggar Standar Komunitas kami. Kami tidak mencantumkan informasi apa pun tentang orang yang mengirimkan laporan ketika kami menghubungi orang yang dilaporkan. Ingat bahwa tidak ada jaminan bahwa sesuatu yang dilaporkan ke Facebook akan dihapus.”

Dari penjelasan tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa postingan atau akun yang tiba-tiba dihapus dapat terjadi karna adanya laporan dari orang lain yang melaporkan kita ke facebook.

Baca Juga : 30+ Kata Kata Jualan Online di Facebook, Tinggal Copas!

Apa yang Terjadi Apabila Akun Facebook atau Postingan Saya Dilaporkan?

Jika akun Facebook Anda atau postingan dilaporkan orang lain, maka Facebook akan meninjau laporan tersebut untuk memastikan bahwa tidak ada pelanggaran kebijakan. Namun jika ditemukan pelanggaran maka facebook dapat menerapkan beberapa kemungkinan :

  • Peringatan: Jika pelanggarannya dianggap ringan, maka Facebook mungkin akan memberikan peringatan kepada Anda untuk menghapus konten yang melanggar atau menghentikan perilaku yang melanggar.
  • Pembatasan: Jika pelanggarannya dianggap lebih serius, Facebook dapat membatasi akses Anda ke fitur tertentu atau menghapus konten yang melanggar. Pembatasan dapat berupa pemblokiran akun sementara atau permanen, atau penghapusan konten yang melanggar.
  • Pelaporan ke pihak berwenang: Jika pelanggaran yang dilakukan melanggar hukum, maka Facebook akan melaporkannya ke pihak berwenang.

Dalam beberapa kasus, Facebook juga dapat meminta informasi tambahan dari kalian untuk membantu memeriksa laporan yang masuk.

Namun, jika laporan yang dilakukan tidak terbukti melanggar kebijakan Facebook, maka akun atau postingan tidak akan terpengaruh dan tetap aktif seperti biasa.

Apakah Bisa Mengetahui Orang yang Melaporkan Kita di Facebook?

Tidak semua laporan di Facebook mencantumkan nama pelapor. Dalam beberapa kasus, Facebook dapat menyembunyikan identitas pelapor demi menjaga privasi mereka.

Namun, ada beberapa kasus di mana pelapor bisa diketahui, seperti jika mereka memberikan informasi yang cukup spesifik tentang diri mereka dalam laporan atau jika pengguna mengajukan permintaan kepada Facebook untuk mengetahui identitas pelapor dalam situasi tertentu.

Penting untuk diingat bahwa mengetahui identitas pelapor mungkin tidak selalu membantu dalam menyelesaikan masalah. Alih-alih, fokus pada masalah yang dihadapi dan upayakan untuk menyelesaikannya dengan cara yang positif dan konstruktif.

Baca Juga : Cara Chat Orang Yang Memblokir Kita Di Facebook, Berhasil!

Cara Mengetahui Orang yang Melaporkan Kita di Facebook

Facebook tidak memberikan akses ke informasi siapa yang melaporkan konten kalian di platform mereka. Facebook memperlakukan semua laporan dengan kerahasiaan dan privasi yang tinggi.

Namun, jika merasa laporan yang dilaporkan tidak adil atau berisi informasi yang salah, kalian dapat mengajukan banding melalui opsi yang disediakan di Facebook. Dalam proses banding, Facebook dapat mengungkapkan informasi tentang laporan yang dilaporkan.

Untuk mengajukan banding, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka halaman Facebook Anda dan temukan konten yang dilaporkan.
  2. Klik opsi “Bandingkan Keputusan” di bawah notifikasi bahwa konten Anda dilaporkan.
  3. Ikuti panduan yang diberikan oleh Facebook dan kirimkan permohonan banding.
  4. Tunggu hingga Facebook menghubungi Anda dengan keputusan terkait permohonan banding Anda.

Harap diingat bahwa Facebook memiliki kebijakan ketat terkait pelanggaran aturan dan kebijakan komunitas mereka. Oleh karena itu, pastikan konten sesuai dengan aturan dan kebijakan mereka agar tidak dilaporkan oleh pengguna lain.

Cara Menghindari Pelaporan Facebook

Agar postingan atau akun facebook tidak dilaporkan oleh orang lain, ada beberapa tips yang bisa kalian ikuti

Ikuti kebijakan komunitas facebook

Pastikan bahwa konten atau perilaku sesuai dengan kebijakan komunitas Facebook. Jangan melakukan tindakan yang melanggar aturan Facebook, seperti penyebaran konten negatif, intimidasi, atau penipuan.

Hindari penyabaran konten yang tidak pantas

Ada banyak konten yang tidak diperbolehkan untuk diunggah di facebooke, seperti konten dewasa atau kekerasan. Hindari juga menyebarkan konten yang dapat menyinggung atau merugikan orang lain. Seperti isu SARA yang banyak di facebook

Jangan posting konten berhak cipta

Jangan mengunggah konten yang melanggar hak cipta orang lain. Pastikan bahwa konten yang diunggah sepenuhnya milik kalaian atau berhak untuk menyebarkan ulang.

Gunakan bahasa yang sopan

Gunakan bahasa yang sopan dan tidak merendahkan dalam setiap komentar atau postingan di facebook. Hindari menggunakan kata-kata yang kasar atau menghina orang lain ketika berkomentar.

Kesimpulan

Tidak ada cara pasti untuk mengetahui siapa yang melaporkan akun atau postingan facebook kalian. Hal tersebut dikarnakan facebook memiliki aturan yang ketat tentang privasi penguna mereka.

Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi para pembaca riautalk.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *