Update Informasi Terkini

Modul 1.1 Refleksi Filosofi Pendidikan Nasional KHD

Modul 1.1 refleksi filosofi pendidikan nasional Ki Hajar Dewantara merupakan modul yang dipelajari oleh Calon Guru Penggerak (CGP). Pada modul ini CGP belajar mengenai pemikiran yang dimiliki oleh ki hajar dewantara beserta relevansinya dengan pendidikan sekarang ini.

Dasar pemikiran Bapak Pendidikan Nasional Ki Hadjar Dewantara bahwa Pendidikan itu :

  • Menuntun
  • Kodrat anak yang Merdeka
  • Kodrat anak yang suka Bermain
  • Pendidikan yang berpihak pada anak
  • Bukan Tabula Rasa
  • Budi Pekerti
  • Kodrat Keadaan (Alam dan Zaman)

Kompetensi Lulusan yang dituju

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai Kompetensi Lulusan sebagai
berikut:

  1. Guru Penggerak memahami peran dan alasan menjadi pemimpin pembelajaran.
  2. Guru Penggerak, melalui refleksi diri yang terdokumentasi, mampu secara reguler mengidentifikasi kebutuhan peningkatan kompetensi dan kematangandiri demi mendukung pembelajaran murid.

Capaian Umum Modul 1.1

Secara umum, capaian modul ini adalah:

  1. Guru Penggerak mampu memahami pemikiran filosofis pendidikan Ki Hadjar Dewantara dan melakukan refleksi-kritis atas korelasi pemikiran-pemikiran tersebut dengan konteks pendidikan lokal dan nasional pada saat ini.
  2. Guru Penggerak, mampu mengambil pembelajaran dari pemikiran filosofis Ki Hadjar Dewantara untuk diterapkan sebagai pemimpin pembelajaran yang mengupayakan terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter.

Capaian Khusus Modul 1.1

Secara khusus, modul ini diharapkan dapat membantu Calon Guru Penggerak untukmampu memiliki:

  1. Pengetahuan tentang dasar-dasar Pendidikan Ki Hadjar Dewantara (KHD),
  2. Keterampilan mengelola pembelajaran yang berpihak pada murid pada konteks lokal kelas dan sekolah agar terwujudnya sekolah sebagai pusat pengembangan karakter,
  3. Sikap reflektif-kritis dalam menerapkan pembelajaran yang merefleksikan dasar-dasar Pendidikan KHD dalam menuntun murid mencapai kekuatan kodratnya.

Ringkasan Alur Belajar MERDEKA

Mulai dari diri (Mandiri): 1JP

  • CGP memberikan jawaban reflektif-kritis untuk mengetahui pemahaman diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara,
  • CGP membuat refleksi diri tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara.

Eksplorasi Konsep: 3JP

  • CGP menyimak video tentang pendidikan di Indonesia dari zaman kolonial dan menjawab pertanyaan-pertanyaan panduan;
  • CGP menyimak video-video tentang pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara;
  • CGP membaca 2 (dua) tulisan karya Ki Hadjar Dewantara.

Eksplorasi Konsep (Forum Diskusi): 2JP

  • CGP mendiskusikan pertanyaan reflektif terkait pemikiran (filosofi pendidikan) Ki Hadjar Dewantara dan relevansinya dengan pendidikan Indonesia saat ini dan pendidikan pada konteks lokal sosial budaya di daerah asal CGP yang difasilitasi oleh Fasilitator
  • CGP berbagi pengalaman praktik baik penerapan pemikiran filosofis Pendidikan KHD pada konteks lokal sosial budaya di daerahnya.

Ruang Kolaborasi: 6JP (3 + 3)

CGP mengeksplorasi (memaknai dan menghayati) nilai-nilai luhur sosial budaya di daerah asal dalam menguatkan dan menebalkan Konteks (kodrat) Diri Murid sebagai manusia dan anggota masyarakat.

Demonstrasi Kontekstual: 4JP

CGP mendesain strategi dalam mewujudkan pemikiran KHD – ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ – sesuai dengan Konteks Diri Murid dan Sosial Budaya di daerah asal (kar2ya demonstrasi kontekstual dalam video, atau infografis atau puisi atau lagu, dll).

Elaborasi Pemahaman: 2JP

CGP mendapatkan penguatan pemahaman tentang pemikiran (filosofi pendidikan)
Ki Hadjar Dewantara dari Instruktur;

Koneksi Antar Materi: 2JP

CGP membuat kesimpulan dalam bentuk esai atau jurnal reflektif tentang ‘Pendidikan yang Berpihak pada Murid’ dengan merefleksikan seluruh rangkaian materi yang sudah dipelajari dari pemikiran-pemikiran KHD dan praktik baik yang telah dilakukan di sekolah-sekolah saat ‘Elaborasi Pemahaman’.

Isi Materi Modul:

  1. Refleksi pendidikan Indonesia dari Zaman Kolonial
  2. Tulisan Ki Hadjar Dewantara (KHD): 1) Dasar-Dasar Pendidikan; dan 2) Metode
    Montessori, Frobel dan Taman Anak; 3) Pidato Sambutan Ki Hadjar Dewantara.
    Dewan Senat Universitas Gadjah Mada, 7 November 1956
  3. Relevansi dan kontekstualisasi Filosofi Pendidikan KHD yang disesuaikan
    dengan konteks Pendidikan di tingkat daerah dan tingkat nasional.

Silahkan download modul full pada link dibawah ini

Semoga bermanfaat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *