Update Informasi Terkini

Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Modul 2.1 Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar murid – Pendidikan adalah menuntun segala kekuatan kodrat uang ada pada anak-anak, agar mereka sebagai manusia maupun anggota masyarakat dapat mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya.

Sebagai pendidik, kita tentu menyadari bahwa setiap anak adalah unik dan memiliki kodratnya masing-masing.

Tugas kita sebagai guru adalah menyediakan lingkungan belajar yang memungkinkan setiap anak untuk dapat tumbuh dan berkembang secara maksimal sesuai dengan kodratnya masing-masing, dan memastikan bahwa dalam prosesnya, anak-anak tersebut merasa selamat dan bahagia.

Setiap murid yang duduk di kelas kita adalah individu yang unik dan ini seharusnya menjadi dasar dari praktik-praktik pembelajaran yang kita lakukan di kelas dan di sekolah, serta menjadi kerangka acuan saat mengevaluasi praktik-praktik pembelajaran kita.

Dengan meyakini bahwa setiap anak adalah unik, maka sebagai pendidik, kita semua juga tentu harus membuka mata terhadap adanya keberagaman murid-murid di kelas kita.

Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Capaian yang Diharapkan

Modul ini diharapkan berkontribusi untuk mencapai kompetensi lulusan sebagai berikut:

  1. Guru Penggerak memahami pentingnya mengetahui kebutuhan belajar dan lingkungan yang memfasilitasi seluruh individu di sekolah agar dapat meningkatkan kompetensinya secara aman dan nyaman.
  2. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam merancang alur dan tujuan pembelajaran yang berorientasi pada masa depan.
  3. Guru Penggerak memfasilitasi guru lain dalam mengevaluasi pembelajaran berdasarkan data dan tingkat pencapaian murid.

Capaian Umum Modul 2.1.

Secara umum, capaian modul ini adalah peserta mampu:

  1. mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi untuk mengakomodasi kebutuhan belajar murid yang berbeda;
  2. menjadi teladan dalam melakukan praktik-praktik reflektif dalam pembelajaran bagi komunitas pendidik di lingkungan sekitarnya.

Capaian Khusus Modul 2.1.

Setelah menyelesaikan modul ini, peserta diharapkan dapat menjadi Guru Penggerak yang mampu:

  1. menunjukkan pemahaman tentang konsep pembelajaran untuk semua murid;
  2. mendemonstrasikan pemahaman tentang apa yang dimaksud dengan pembelajaran berdiferensiasi dan alasan mengapa pembelajaran berdiferensiasi diperlukan;
  3. menjelaskan pentingnya mengidentifikasi dan memenuhi kebutuhan belajar murid;
  4. menganalisis penerapan diferensiasi konten, diferensiasi proses, dan diferensiasi produk;
  5. mengimplementasikan Rencana Pembelajaran Berdiferensiasi dalam konteks pembelajaran di sekolah atau kelas mereka sendiri;
  6. menunjukkan sikap kreatif, percaya diri, mau mencoba, dan berani mengambil risiko dalam menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Ringkasan Alur Belajar MERDEKA

Alur MERDEKA dalam modul ini terdiri dari langkah-langkah sebagai berikut:

Mulai dari diri (2JP):

CGP akan melakukan refleksi terhadap pengalaman pribadi saat bersekolah dulu, terkait dengan bagaimana tindakan gurunya di masa lalu membantu dirinya belajar dengan yang lebih baik.

Eksplorasi Konsep (4JP):

CGP akan mengeksplorasi materi-materi berikut ini:

  • Pembelajaran untuk memenuhi kebutuhan belajar semua murid;
  • Pengertian pembelajaran berdiferensiasi dan alasan mengapa pembelajara berdiferensiasi diperlukan;
  • Kebutuhan belajar murid yang berbeda dan konsekuensinya dalam proses pembelajaran;
  • dPenerapan diferensiasi konten, proses, dan produk dalam pembelajaran;
  • Peran Penilaian dalam Pembelajaran Berdiferensiasi.

Ruang Kolaborasi (6JP):

CGP akan melakukan kerja kelompok untuk membaca, mendiskusikan dan kemudian menganalisis beberapa skenario implementasi pembelajaran berdiferensiasi dan melakukan refleksi kolaboratif dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan pemandu yang tersedia.

Demonstrasi Kontekstual (4JP):

CGP akan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang mengimplementasikan pembelajaran berdiferensiasi.

Elaborasi Pemahaman (2JP):

CGP akan mengelaborasi pemahaman tentang pembelajaran berdiferensiasi dengan membuat pertanyaan-pertanyaan yang akan dielaborasi bersama instruktur.

Koneksi Antarmateri (2JP):

CGP akan membuat sintesa pemahaman dengan mengkoneksikan semua materi yang telah dipelajari sebelumnya untuk menjelaskan pemahamannya tentang pembelajaran berdiferensiasi dan bagaimana mengimplementasikannya.

Aksi Nyata:

CGP akan mengimplementasikan dan melakukan refleksi terhadap implementasi pembelajaran berdiferensiasi di kelas.

Modul 2.1 Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid

Selengkapnya modul 2.1 Pembelajaran Untuk Memenuhi Kebutuhan Belajar Murid dapat diunduh melalui link berikut ini.

Modul guru penggerak lainnnya :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *