Paud  

4 Pijakan yang Digunakan Dalam kurikulum PAUD

Pijakan kurikulum paud merupakan pedoman yang menjadi dasar dalam pendidikan paud. Kurikulum ini memuat dan mengatur bagaimana proses belajar mengajar dikelas agar tercapai tujuan yang diinginkan pada tingkatan sekolah paud/tk.

Kurikulum yang dibuat tidak hanya menyangkut sisi akademik tetapi juga psikologis dan medis karena siswa paud adalah anak dibawah lima tahun. Aspek perkembangan anak dibagi dalam beberapa tahap yaitu 0-2 tahun 2- 4 tahun dan 4-5tahun sehingga kurikulumnya harus disesuaikan dengan perkembangan anak.

Standar kompetensi ini digunakan sebagai acuan dalammengembangkan kurikulum. Standar kompetensi anak usia dini terdiri ataspengembangan aspek-aspek sebagai berikut: Moral dan nilai-nilai agama, Sosial,emosional dan kemandirian, Bahasa, Kognitif, Fisik/Motorik, Seni.

4 Pijakan Kurikulum Paud

Berikut ini pijakan yang digunakan dalam kurikulum paud, yaitu :

  1. Standar tingkat pencapaian perkembangan
  2. standar pendidikan dan tenaga kependidikan
  3. Standar isi, proses dan penilaian
  4. Standar sarana dan prasarana, pengelolaan dan pembiayaan.

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak

Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) STPPA merupakan kriteria minimal tentang kemampuan yang dicapai anak pada seluruh aspek perkembangan dan pertumbuhan yang memiliki ciri khas keislaman serta mencakup aspek nilai agama dan moral, fisik-motorik, kognitif, bahasa, sosial-emosional, serta seni.

Tahap usia 0 – < 2 tahun, terdiri atas kelompok usia:

  • 3 – < 6 bulan
  • 6 – < 9 bulan
  • 9 – < 12 bulan
  • 12 – < 18 bulan
  • 18 – < 24 bulan

Tahap usia 2 – < 4 tahun, terdiri atas kelompok usia:

  • 2 – < 3 tahun
  • 3 – < 4 tahun

Usia 4 – ≤ 6 tahun, terdiri atas kelompok usia :

  • 4 – < 5 tahun
  • 5 – ≤ 6 tahun

Itulah informasi mengenai pijakan yang diguankan dalam kurikulum paud, semoga dapat bermanfaat dan berguna bagi kita semua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

close