Update Informasi Terkini
PPG  

Soal Pretest PPG Guru SD dan Jawabanya 2023

Soal pretest PPG Guru SD 2023 memang tidak bisa diprediksi secara sepenuhnya, namun tidak ada salahnya apabila guru-guru yang ingin lolos PPG mempelajari contoh soal pretes guru sd yang banyak ditemui di website maupun channel youtube.

Karna semangkin sering mengerjakan soal pretest guru sd akan memberikan pemahaman yang tajam tentang soal yang akan dikerjakan nantinya.

Soal-soal ini hanya sekedar latihan dalam mengerjakan soal pretest PPG, mengingat plaksanaan pretest PPG maupun UTN PLPG dilakukan secara online sehingga sangat sulit untuk dibocorkan.

Namun meskipun pada latihan soal yang dikerjakan tidak sama pada realitanya nanti, tapi soal tersebut telah disesuai dengan kisi-kisi PPG dan UTN PPG.

Soal Pretest PPG Guru SD dan Jawabanya

1) Kemampuan bahasa anak mulai berkembang, pemikiran masih statis, belum dapat berfikir abstrak, dan kemampuan persepsi waktu dan ruang masih terbatas merupakan perkembangan anak pada tahap …

A. Tahap sensorimotorik

B. Tahap praoperasional

C. Tahap operasional konkrit

D. Tahap operasional konkrit

2) Seorang anak dengan kemampuan menggunakan kata secara efektif baik lisan (pendongeng, orator, penerjemah, dsb), maupun tertulis/tulisan (sastrawan, penulis skenario drama/film, fonologi atau bunyi bahasa, semantik atau makna bahasa, dimensi pragmatik atau penggunaan praktis bahasa) menurut Howard Gardner anak tersebut mempunyai kecerdasan …

A. Kecerdasan Bahasa (linguistic)

B. Kecerdasan Logika Matematika (logic-mathematical)

C. Kecerdasan Ruang (spatial)

D. Kecerdasan Gerak Tubuh

3) Untuk mengetahui kemampuan awal peserta didik, seorang pendidik dapat melakukan …

A. pengayaan materi pelajaran

B. refleksi

C. latar belakang peserta didik

D. tes awal (pre-test)

4) Dalam mengidentifikasi kasus kesulitan belajar dapat dilakukan dengan metode criterion referenced. Yang bukan merupakan tahap metode criterion referenced adalah …

A. Menetapkan angka nilai kualitatif minimal yang dapat diterima, misalnya 5,0 atau 6,0.

B. Membandingkan prestasi dari setiap siswa dengan angka nilai batas lulus tersebut. Secara teoritis, mereka yang angka nilai prestasinya berada di bawah lulus sudah dapat diduga sebagai siswa yang mengalami kesulitan belajar.

C. Menganalisis kemampuan peserta didik

D. Menghimpun siswa yang diduga mengalami kesulitan belajar serta mencari siswa yang mengalami gejala terparah ( yang nilainya jauh dibawah siswa penderita kesulitan belajar lainnya )

5) Dalam kompetensi pedagogik guru mengusai teori belajar dan prinsip prinsip pembelajaran yang mendidik. Dalam prinsip pembelajaran yang mendidik guru harus …

A. Melaksanakan Proses Pembelajaran sesuai jadwal

B. Menerapkan berbagai pendekatan, strategi, metode, dan teknik pembelajaran yang mendidik secara kreatif dalam mata pelajaran yang diampu.

C. Menggunakan strategi pembelajaran

D. Hanya menggunakan teknik pembelajaran

6) Salah satu unsur strategi pembelajaran adalah Mengidentifikasi dan menetapkan spesifikasi dan kualifikasi hasil (out put) dan sasaran (target) yang harus dicapai, dengan mempertimbangkan aspirasi dan selera masyarakat yang memerlukannya. (Newman dan Logan (Abin Syamsuddin Makmun, 2003) Penerapan dari unsur strategi di atas dalam konteks pembelajaran adalah …

A. Menetapkan spesifikasi dan kualifikasi tujuan pembelajaran yakni perubahan profil perilaku dan pribadi peserta didik.

B. Mempertimbangkan dan memilih sistem pendekatan pembelajaran yang dipandang paling efektif.

C. Mempertimbangkan dan menetapkan langkah-langkah atau prosedur, metode dan teknik pembelajaran.

D. Menetapkan norma-norma dan batas minimum ukuran keberhasilan atau kriteria dan ukuran baku keberhasilan

7) Yang ditekankan di dalam strategi pembelajaran interaktif adalah…

A. membangun inisiatif individu, kemandirian, dan peningkatan diri

B. diskusi dan sharing diantara peserta didik

C. pembelajaran didominasi arahan dari guru

D. proses penyampaian materi secara verbal

8) Pada Kurikulum 2013, penyusunan kurikulum dimulai dengan menetapkan SKL berdasarkan kesiapan siswa, tujuan pendidikan nasional, dan kebutuhan. Setelah kompetensi ditetapkan kemudian ditentukan kurikulumnya yang terdiri dari kerangka dasar kurikulum dan struktur kurikulum. Ada beberapa faktor yang harus dikembangkan antara lain ……

A. Tantangan internal dan Eksternal

B. Responsibility

C. Reinforced

D. Enriched

9) Kurikulum 2013, proses pembelajaran menggunakan pendekatan saintifik, Artinya yaitu……..


A. kurikulum harus mengandung hal-hal barusehingga dapat membantu siswa untuk ,dapat mengembangkan setiap potensi yang dimilikinya

B. Menyeleksi nilai dan budaya, mana yang perlu dipertahankan, dan mana yang harus dimiliki oleh siswa

C. Pembelajaran yang mendorong siswa lebih mampu dalam mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi/menalar, dan mengomunikasikan

D. Mengembangkan Kompetensi Dasar berdasar pada prinsip akumulatif, saling
memperkuat (reinforced) dan memperkaya (enriched) antar-mata pelajaran

10) Pengembangan kurikulum pemangku kepentingan ( sttka dilakukan dengan melibatkan pemangku ( stakeholders ) untuk menjamin relevansi pendidikan dengan kebutuhan kehidupan, termasuk di dalamnya kehidupan kemasyarakatan, dunia usaha/industri dan dunia kerja. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum :

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

C. Menyeluruh dan berkesinambungan

D. Beragam dan terpadu

11) Kurikulum dikembangkan berdasarkan prinsip bahwa peserta didik memiliki posisi sentral untuk mengembangkan kompetensinya agar menjadi manusia yang beriman dan berakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa , berakhlak mulia, sehat,berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Pernyataan tersebut diatas sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum ……….

A. Tanggap terhadap perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi,dan seni

B. Relevan dengan kebutuhan kehidupan

C. Menyeluruh dan berkesinambungan

D. Beragam dan terpadu

12) Upaya guru dalam memberikan kesempatan kepada siswa untuk merefleksikan pengalaman belajar yang telah dialami yang paling optimal adalah dengan cara ……..

A. Guru memberikan tes atau pekerjaan rumah setiap akhir pelajaran

B. Guru menggunakan pertanyaan terarah maupun pertanyaan bersifat penelusuransaat pembelajaran berlangsung

C. Guru mewawancarai tiap siswa tentang capaian atau masalah belajar yang dihadapi siswa dalam belajar

D. Guru menugaskan siswa untuk menuliskan kesulitan siswa dalam belajar

13) Upaya merancang pengayaan bagi peserta didik yang mencapai ketuntasan belajar optimal tampak dalam kegiatan guru sebagai berikut ……………

A. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari pengarang yang berbeda

B. Memberikan tes tambahan dengan tingkat kesukaran yang lebih tinggi

C. Memberikan tambahan sumber baaan tambahan yang lebih mendalam dan tingkat variasi yang tinggi berikut instrument tesnya yang sesuai

D. Memberikan tambahan materi berupa sumber ajar dari penerbit yang berbeda

14) Yang di maksud dengan penilaian adalah

A. Pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik.

B. Proses yang di lakukan untuk mengambil keputusan berdasaarkan evaluasi.

C. Membandingkan hasil pengamatan dengan suatu kriteria.

D. Proses interaksi antara peserta didik dan pendidik

15) Bentuk penilaian yang menghendaki peserta didik menampilkan sikap menggunakan pengetahuan yang di peroleh dalam pembelajaran dalam melaksanakan tugas di sebut penilaian

A. Pre test

B. post test

C. Autentik

D. Non Autentik

Download Soal Pretest PPG Guru SD

Jika sobat guru ingin mendownload soal pretest PPPG Guru SD atau Guru kelas, kami telah menyediakan 100 contoh soal Pretest PPG dalam bentuk PDF sehingga mudah jika ingin di print.

Download Soal Pretest PPG Guru Kelas Disini

Demikianlah soal pretest PPG Guru SD yang bisa kami bagikan pada kesematan ini, semoga dapat membantu para rekan guru yang akan mengikuti seleski PPD Daljab tahun 2023